top of page

Yuk Pahami Diet Alkali Secara Sederhana

Penjelasan Sederhana Tentang Diet Alkali



Pada artikel ini, saya akan berbagi dengan Anda, saya percaya apa penjelasan yang sangat baik tentang diet alkali.


Area yang akan dibahas selama presentasi adalah asam basa, kepadatan tulang, penambahan berat badan serta bagaimana Anda dapat menguji tingkat keasaman tubuh Anda sendiri, jadi saya harap Anda menikmati membaca artikel ini.


Untuk saat ini pada akhir artikel singkat ini Anda akan dapat menjelaskan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan mengenai acid refluks, mengapa orang Amerika memiliki konsumsi kalsium tertinggi di dunia namun kesehatan tulangnya buruk? Bagaimana bisa diet soda dengan nol kalori membuat Anda bertambah gemuk?

Makanan dan Minuman Memiliki pH Sendiri



Inilah hal kedua yang akan mengubah hidup Anda. Apakah anda siap? Setiap makanan atau minuman bersifat asam basa atau di antara keduanya. Alkalinitas dan keasaman diukur dalam hal pH yang merupakan singkatan dari Potensial Hidrogen.


Ini adalah skala pH yang berkisar dari nol yang paling asam hingga 14 yang paling basa. Sebagai contoh mari kita perhatikan nilai pH berikut, asam lambung Anda adalah pH 1, minuman soda adalah pH 2,5, kopi pH 3, air pH 7, darah Anda berkisar antara pH 7,35 hingga 7,45, air laut adalah pH 8,5, dan soda kue atau baking soda memiliki pH 12.


Idealnya darah manusia harus sedikit basa antara 7,35 dan 7,45 pada skala pH. Tubuh Anda tidak akan membiarkan pH Anda menjadi tidak seimbang jika hal itu terjadi, Anda akan mati. Tubuh Anda memiliki mekanisme bawaan seperti pernapasan, keringat, buang air kecil, dan penipisan mineral yang membuatnya tetap seimbang.


Masalah dimulai ketika tubuh Anda harus bekerja lembur untuk menjaga keseimbangan. Ketidakseimbangan ini terutama disebabkan oleh konsumsi makanan dan minuman pembentuk asam yang berlebihan serta stres yang tidak sehat. Kita mengkonsumsi makanan dan minuman pembentuk asam jauh lebih banyak daripada makanan dan minuman pembentuk basa. Kita terlalu banyak mengonsumsi kopi, kafein, soda pop, bir, alkohol, makanan olahan, gorengan, sirup jagung fruktosa tinggi, gula, pemanis buatan, dan protein hewani, dan sejenisnya.


Selain pilihan makanan dan minuman yang tidak sehat, kita hidup di dunia yang terus melaju, berpotensi menyebabkan tingkat stres tidak sehat yang tinggi yang juga meningkatkan keasaman.


Makanan dan minuman memiliki skala pHnya masing-masing. Berdasarkan pengetahuan umum, produk hewani sebagian besar bersifat asam. Mari kita lihat es krim, keju, yogurt, daging sapi, lobster, babi ayam, kerang, daging rusa, dan ikan. Semua itu adalah makanan yang bersifat asam.


Sayuran dan buah-buahan memiliki sifat basa atau alkali. Mari kita lihat kacang polong, bayam, tomat, selada, kentang labu, kubis, brokoli, asparagus, dan ubi jalar. Dari sisi buah-buahan mari kita lihat jeruk, pisang, anggur, ceri, jeruk bali, mangga, raspberry, semangka, lemon, dan limau semuanya bersifat alkali atau basa.


Mungkin anda berpikir apakah ada yang salah? Lemon dan jeruk nipis itu bukannya asam? Nah klasifikasi apakah suatu makanan atau minuman bersifat asam atau basa didasarkan pada efeknya terhadap tubuh setelah dicerna. Misalnya lemon yang memiliki rasa yang sangat asam dalam bentuk yang masih belum dicerna, namun tahukan anda, setelah lemon masuk ke dalam sistem pencernaan maka ia akan menjadi bersifat basa? Itulah sebabnya lemon dikatakan sebagai makanan yang bersifat basa atau alkali meskipun di lidah anda rasanya asam. Salah satu cara sederhana untuk meningkatkan alkalinitas adalah minum segelas air adalah dengan menambahkan irisan lemon atau jeruk nipis.


Mari kita lihat di mana minuman populer termasuk dalam skala pH. Kami memiliki soda, bir, kopi, alkohol dan teh di sisi asam. Dan bagaimana dengan air? Nah mari kita lihat air suling atau air RO (Reverse Osmosis) memiliki pH yang asam. Untuk air kemasan, mata air, dan air mineral memiliki pH netral, sedangkan air minum yang berkualitas baik seperti air alkali Kangen Water memiliki pH alkali atau basa.

Pola Makan Orang Amerika



Aturan umum lainnya adalah semakin banyak proses makanan akan semakin asam. Namun, hanya karena makanan atau minuman bersifat asam bukan berarti tidak sehat. Blueberry dan kenari sama-sama makanan pembentuk asam, tetapi mereka memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. Lebih penting untuk memperhatikan pola makan anda secara keseluruhan.


Masih ingat ketika kami mengatakan orang Amerika makan makanan yang kaya akan makanan asam? Mari kita periksa beberapa makanan khas Amerika. Bagaimana dengan burger, kentang goreng, dan soda. Atau steak, kentang panggang, dan segelas anggur. Atau bagaimana dengan ayam goreng, kacang panggang, jagung, dan bir. Atau piknik ala Amerika dengan hot dog, kentang, salad, dan soda. Tipe pola makan seperti ini membuat tubuh Anda masuk ke dalam kondisi sifat asam berlebih atau acidosis.


Jadi mari kita bahas bersama apa yang terjadi ketika diet Anda terlalu asam. Seperti yang disebutkan sebelumnya, tubuh Anda secara konstan memiliki mekanisme untuk mempertahankan pH seimbang. Ketika tubuh Anda harus bekerja lembur untuk menjaga keseimbangan, masalah dimulai ketika darah menjadi terlalu asam kurang dari 7,3 atau lebih, mekanisme mulai bekerja untuk mengembalikan pH darah ke sekitar 7,4. Tingkat pernapasan meningkat untuk menghilangkan asam karbonat dengan mengeluarkan karbon dioksida, ginjal meningkatkan keasaman, mineral urin mulai keluar dari tubuh, sehingga pH darah dapat cepat kembali normal.


Tubuh menggunakan cadangan mineral pembentuk sifat alkali (basa) seperti kalsium, magnesium, yodium, kalium, dan natrium. Nah itu bagus kan? Apa masalahnya? Masalahnya adalah bahwa dengan makan makanan yang kaya dan asam, orang Amerika memaksa tubuh mereka untuk menghabiskan cadangan mineral berharga yang terdapat dalam tubuh ini untuk mengembalikan keseimbangan pH tubuh mereka akibat pola makan yang buruk.


Mari kita lihat beberapa masalah kesehatan yang berkaitan dengan diet pembentuk asam dan tingkat stres yang tinggi. Salah satu kategori obat yang tumbuh paling cepat di Amerika adalah obat yang meredakan refluks asam atau acid reflux. Obat-obatan ini meredakan ketidaknyamanan akibat acid reflux, tetapi apakah mereka benar-benar memperbaiki masalah? Tanyakan pada diri sendiri mengapa anda mengalami refluks asam? Pertama-tama obat refluks asam hanya memperkenalkan senyawa pembentuk basa dalam tubuh Anda untuk melawan pola makan yang bersifat asam. Mereka tidak sadar bahwa inti masalahnya sebetulnya terletak pada pola makan mereka sehari-hari yang didominasi makanan bersifat asam.


Amerika merupakan negara yang orang-orangnya merupakan pengasup kalsium tertinggi di dunia, namun mereka masih memiliki kesehatan tulang yang buruk jika dibandingkan dengan negara lain, mengapa? Jika kita mengonsumsi cukup kalsium untuk menjaga kesehatan tulang, apa masalahnya? Diet pembentuk asam memaksa tubuh Anda untuk melepaskan cadangan mineral pembentuk basa atau alkali seperti kalsium dari tulang dan gigi untuk menetralkan pH darah Anda. Salah satu penyebab utama adalah konsumsi berlebihan minuman asam seperti soda, kopi, minuman energi, dan alkohol. Dan apa sumber kalori nomor satu di Amerika? Sodapop!


Rata-rata orang Amerika minum lebih dari empat puluh enam galon per tahun. Banyak orang mungkin mengatakan tidak apa-apa saya minum soda diet. Kami pernah mendengar tentang orang yang mungkin minum 3 atau 4 atau bahkan hingga 10 soda diet sehari. Kenapa tidak? Nol kalori kan? Bagaimana jika hal yang Anda pikir tidak membuat anda menjadi bertambah berat malah berlaku sebaliknya yaitu membuat anda mengalami kelebihan berat badan? Bagaimana sebetulnya soda diet dan air soda biasa mengandung asam fosfat yang tidak baik bagi tubuh?


Asam fosfat berada tepat di sebelah asam baterai pada skala pH. Terus-menerus membanjiri tubuh dengan minuman asam seperti yang kita ketahui sekarang menghabiskan banyak mineral dari tubuh terutama kalsium untuk menetralisirnya.


Sekarang mari kita fokus pada masalah mineral yodium. Yodium membantu mendukung kesehatan kelenjar tiroid. Tanpa yodium tiroid tidak dapat bekerja dengan baik. Salah satu fungsi utama tiroid adalah mengatur metabolisme tubuh. Jika Anda memiliki produksi tiroid yang kurang, metabolisme Anda bisa menjadi lamban dan penambahan berat badan pun kemudian mengikuti. Dan begitulah minuman dengan nol kalori dapat menyebabkan Anda mengalami penambahan berat badan.

Memiliki Rutinitas dan Diet yang Baik



Jadi bagaimana caranya agar dapat menyeimbangkan pH tubuh kita? Ini adalah dua hal sederhana istirahat yang mencukupi dan atur pola diet yang tepat dan baik bagi tubuh!

Istirahatlah yang cukup. Luangkan waktu untuk diri sendiri, tidur lebih banyak, ambil liburan secara teratur dan cobalah untuk mendapatkan sedikit waktu luang setiap hari.


Kedua, pola makan! Mengkonsumsi makanan dan minuman yang memiliki kadar alkali tinggi. Sekarang tidak perlu menghafal makanan ini. Ingat saja, kebanyakan sayuran dan buah-buahan adalah makanan pembentuk sifat alkali / basa. Dan juga air minum yang dihasilkan dari mesin air alkali seperti Kangen Water juga membantu meningkatkan cadangan buffer alkaline di dalam tubuh anda.


Jika Anda melakukan diet alkali secara rutin dan jika Anda ingin tahu tentang pH tubuh Anda, Anda dapat memantau pH Anda secara teratur dengan menggunakan kertas lakmus yang dapat dibeli di toko-toko kesehatan atau apotek. Dan ukur pH air liur atau urin Anda. Perhatikan pH air liur dan urin Anda yang baik memiliki kisaran pH antara 6,8 dan 7,2.


Satu hal lagi mengenai kebaikan diet alkali adalah diet ini dipercaya sangat bagus untuk mencegah kanker. Jadi jika anda ingin hidup sehat, kenapa tidak mulai coba menjalankan diet alkali ini mulai sekarang?

DILARANG MENGCOPY PASTE ARTIKEL INI!

SETIAP artikel yang ada pada blog ini ditulis dengan MENGHABISKAN banyak waktu, tenaga dan pikiran dari penulis. SIAPAPUN ANDA, DILARANG MENGCOPY SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI ARTIKEL INI TANPA IZIN RESMI DARI PENULIS!

bottom of page