top of page

Manfaat Air Alkali Terionisasi

Apa Keuntungan yang bisa didapatkan dari minum air alkali terionisasi yang dihasilkan oleh mesin air alkali teknologi Jepang?



Dalam dunia modern yang teramat sibuk di masa kini, maka akan sangat sulit bagi kita untuk menemukan waktu khusus untuk membuat tubuh kita menjadi lebih sehat, dapat berolahraga serta dapat memakan makanan yang sehat. Dengan kondisi seperti ini maka ide untuk membuat tubuh kita lebih terbantu terjaga kesehatannya salah satunya dengan cara merubah air putih yang kita minum dengan air putih yang memiliki kualitas yang baik tentu saja merupakan suatu hal yang sangat menarik untuk dilakukan. 

Apa itu sebetulnya yang dinamakan air alkali terionisasi? 


Membuat suatu air menjadi air yang bersifat alkali terionisasi teramat sangat mudah yaitu hanya dengan membeli mesin ionisasi air. Ada banyak terminologi yang berhubungan dengan air alkali yang dapat membuat pusing bagi sebagian orang terutama konsep ilmiah dibalik manfaat mengkonsumsi air alkali terionisasi Untuk membantu anda memahami mengenai hal ini kami telah merangkum hal-hal yang semoga saja dapat memberikan anda pengenalan pokok akan apa yang perlu anda ketahui sebelum mengubah air minum harian anda menjadi air alkali terionisasi.

Pentingnya membuat tubuh kita berada dalam keseimbangan pH yang tepat



Orang yang telah mengetahui pentingnya minum air alkali terionisasi mengatakan bahwa pola makan / diet kebarat-baratan merupakan gaya hidup yang bersifat asam sehingga dengan mengkonsumsi air alkali terionisasi akan membantu tubuh dalam usaha menyeimbangkan level pH-nya.


Merupakan hal yang umum bahwa tubuh kita secara alami dapat mengatasi ketidakseimbangan dalam pola makan kita, jadi jikalau kita makan terlalu banyak makanan yang  bersifat asam maka tubuh akan berusaha menyeimbangkannya.


Pola gaya hidup modern kebarat-baratan ini membawa kepada pola makan yang penuh sifat asam, dan situasi ini ditambah pula dengan sempitnya waktu setiap hari menjadikan orang tak dapat lagi memilih makan yang sehat, dan sebagai gantinya mereka mengkonsumsi makanan yang cepat saji yang cenderung tidak sehat bagi tubuh.


Sementara tubuh akan berusaha menyeimbangkan diri atas konsumsi junk food ini, sebetulnya kita dapat membantu tubuh melakukan kinerja ini dengan jalan mengkonsumsi air alkali terionisasi sehingga hasilnya akan sangat menguntungkan karena men-support tubuh dalam membersihkan limbah-limbah asam dari makanan junk food ini. Minum air alkali terionisasi dapat membantu tubuh kita menjaga keseimbangan pH dalam kaitannya menghapus rentetan serangan sifat asam tubuh.

Apa yang membedakan istilah antara "air alkali biasa" dan "air alkali yang terionisasi"?



Perbedaan pada kedua istilah ini yaitu: air bisa dibuat menjadi bersifat alkali hanya dengan jalan menambahkan zat lain kedalamnya seperti baking soda, sedangkan air alkali terionisasi (misalnya air alkali terionisasi Kangen Water) adalah air yang diproses melalui arus listrik sehingga air tersebut menjadi bersifat alkali dan tidak adanya penambahan zat-zat lain apapun ke dalam air, semuanya murni hanya melalui proses elektrolisis saja, seperti yang dikutip dari website Kangen Water Jakarta. Ketika air menjalani proses elektrolisis di dalam mesin ionisasi air, maka ORP air itu pun akan turut berubah.

Apa sih yang dimaksud dengan ORP?


ORP merupakan singkatan dari Oxidation Reduction Potential atau Potensi Reduksi Oksidasi, yaitu suatu pengukuran yang membuat anda dapat mengetahui tingkat suatu substansi atau cairan apakah ia memiliki kemampuan mereduksi ataupun mengoksidasi. Jika cairan itu memilki tingkat ORP yang bernilai postif maka ia akan bertindak sebagai agen pengoksidasi (agen perusak) dan agen pengoksidasi ini dikatakan memiliki efek negatif bagi tubuh, contoh yang namanya agen pengoksidasi adalah radikal bebas. Air yang berasal dari keran ataupun air kemasan botolan biasanya memiliki ORP yang bernilai postif sehingga dapat dikatakan bahwa jenis air ini merupakan agen pengoksidasi.


Di lain pihak air alkali terionisasi yang diproses melalui mesin ionisasi air memiliki tingkat ORP yang bernilai negatif sehingga ia berperan sebagai agen pereduksi. Kekuatan dari air alkali terionisasi sebagai agen pereduksi ini yaitu ia dapat menetralisir radikal bebas di dalam tubuh, dengan demikian air alkali terionisasi ini memiliki efek positif yang sangat bagus bagi tubuh kita.

Radikal Bebas dan ORP

Demikian halnya dengan memberikan kebaikan dalam membantu menjaga kesehatan dengan jalan menjaga keseimbangan pH tubuh, air alkali terionisasi juga dapat membantu tubuh dalam memerangi radikal bebas dikarenakan kandungan antioksidannya yang tinggi.

Lalu apa yang dimaksud dengan Radikal Bebas?



Semua yang ada di dunia ini terbuat dari atom. Semua atom mengandung elektron dan atom-atom dapat menukar elektron yang dimilikinya dengan atom lainnya. Beberapa atom ada yang kehilangan elektron sehingga mereka akan berusaha secara aktif untuk mencari atom lain untuk dapat mencuri elektron yang dikandung atom lain tersebut. Radikal bebas masuk dalam kategori atom pencuri ini, yaitu ia akan mencuri elektron dari molekul atom jaringan lain yang sehat sehingga ketika elektron dicuri dari molekul sel yang sehat, maka molekul sel sehat tersebut akan menjadi sakit dan berubah menjadi radikal bebas.


Ketika saling terjadi pencurian elektron ini maka akan timbullah yang namanya reaksi berantai yang dapat mengakibatkan masalah kesehatan serta efek samping yang tidak diinginkan akibat radikal bebas ini seperti penuaan dini ataupun penyakit degeneratif. (Sumber: Wikipedia, Apa Itu Radikal Bebas?)


Adapun peranan antioksidan ini yaitu menghentikan proses pencurian antar radikal bebas dengan jalan menyediakan sumber elektron berlimpah yang dibagi-bagikan kepada para radikal bebas sehingga mereka tidak mencuri lagi setelah mereka mendapatkan pasangan elektron yang dibutuhkannya tersebut. Itulah sebabnya air alkali terionisasi sangat baik bagi tubuh dalam upaya memerangi kerusakan yang diakibatkan oleh radikal bebas.


Selain dari air alkali terionisasi, antioksidan sendiri secara umum juga bisa juga ditemukan pada sayuran dan buahan yang masih alami dan ditanam dengan cara yang organik. Untuk bahan makanan yang sudah terkena pestisida maka alih-alih antioksidan malah racun kimia pestisida itu banyak mengandung radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh, jadi untuk zaman sekarang ini pastikan hanya mengkonsumsi sayuran dan buahan organik jika anda ingin mendapatkan manfaat penuh dari sayur dan buah tersebut.

Kesimpulan


Dengan rajin mengkonsumsi air alkali terionisasi yang dihasilkan melalui mesin ionisasi air, selain ditunjang dengan pola makan sehat, pola hidup sehat, dan rajin berolahraga, kesemua hal ini pada akhirnya akan menjaga tubuh kita agar tetap sehat. Seperti kata pepatah, mencegah lebih baik daripada mengobati, maka mulai sekarang jalankanlah pola hidup sehat serta ganti air minum anda dengan air putih yang berkualitas lebih baik.


DILARANG MENCOPY PASTE ARTIKEL INI!

SETIAP artikel yang ada pada blog ini ditulis dengan MENGHABISKAN banyak waktu, tenaga dan pikiran dari penulis. SIAPAPUN ANDA, DILARANG MENGCOPY SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI ARTIKEL INI TANPA IZIN RESMI DARI PENULIS!

bottom of page